Edukasi

35 Pelajar Aceh Lolos Olimpiade Sains Nasional

Redaksi
Foto: Antara

BANDA ACEH - Sebanyak 35 pelajar Aceh, baik jenjang sekolah dasar, menengah pertama, maupun sekolah menengah atas lolos seleksi dan mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat nasional 2019.


Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin di Banda Aceh, Rabu, mengatakan, jumlah pelajar lolos OSN 2019 meningkat dibanding 2018. Tahun lalu, pelajar Aceh lolos OSN hanya 26 orang.


"Kami memberikan apresiasi dan rasa bangga kepada seluruh pelajar yang berhasil lolos OSN tingkat Nasional. Mereka merupakan yang terbaik di tingkat provinsi," kata Syaridin.


Pelaksanaan OSN 2019 berlangsung di dua kota mulai 30 Juni hingga 6 Juli mendatang. Untuk tingkat SD dan SMP, OSN berlangsung di Yogyakarta. Sedangkan jenjang SMA/SMK dipusatkan di Kota Manado, Sulawesi Utara.


Syaridin mengungkapkan, terpilihnya 35 pelajar tersebut merupakan kebanggaan bagi masyarakat dan Pemerintah Aceh. Dan diharapkan mereka mampu meraih prestasi terbaik.


Kepada guru pembimbing, Syaridin mengingatkan agar menggunakan waktu yang singkat guna membimbing dan memperdalam ilmu bidang studi bagi pelajar yang akan berlomba di tingkat nasional.


OSN, sebut Syaridin, merupakan kegiatan untuk mengasah jiwa kompetisi, sehingga menumbuhkan mental juara. Pihaknya mereka menjadi yang terbaik di tingkat nasional.


"Kami berharap ke-35 pelajar tersebut membawa hasil yang dapat membanggakan Aceh nantinya. Mudahan, mereka bisa meraih juara di tingkat nasional," kata Syaridin.


Adapun ke-35 pelajar Aceh yang lolos ke OSN tingkat nasional yakni 10 siswa SD/MI di bidang studi matematika dan ilmu pengetahuan alam (IPA) dan 10 pelajar SMP di bidang studi IPA, IPS, dan matematika.


Sedangkan untuk SMA sederajat terdiri 15 pelajar di bidang studi matematika, fisika, kimia, biologi, komputer, astronomi, kebumian, ekonomi, dan geografi. Ke-15 pelajar tersebut berasal dari dua sekolah SMA Fatih Bilingual School dan SMA Modal Bangsa, Aceh Besar.

Penulis: Redaksi

Sumber: Antara