Edukasi

Akhirnya IAIN Lhokseumawe Tiadakan Kuliah Tatap Muka

satria

LHOKSEUMAWE - IAIN Lhokseumawe menunda wisuda dan meliburkan perkuliahan untuk antisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19. Proses belajar tatap muka diganti dengan proses belajar daring dari rumah masing-masing sejak 17 Maret 2020 hingga dua pekan ke depan. Hal senada dilakukan Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Wakil Rektor I, IAIN Lhokseumawe, Zulfikar Ali Butho, dalam surat edaran, Selasa (17/3/2020) menyebutkan wisuda ditunda hingga batas waktu yang tidak ditentukan. 

“Untuk mahasiswa lewat ketua jurusan masing-masing bisa menanyakan mekanisme perkuliahan online,” sebut Zulfikar.

Politeknik Lhokseumawe

Sedangkan Direktur Politeknik Negeri Lhokseumawe, Rizal Syahyandi, menyebutkan kampus itu menjalankan perkuliahan online 16-27 Maret 2020. Langkah itu diambil untuk pencegahan virus corona atau Covid 19 di kampus itu.

Dia menyebutkan, perkuliahan tatap muka diganti dengan perkuliahan online. Sedangkan penggunaan gedung untuk pihak luar kampus dilarang untuk sementara waktu hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

“Untuk konsultasi bimbingan tugas akhir, kita batasi. Menggunakan prinsip kehati-hatian antara dosen pembimbing dengan mahasiswa. Ini sangat terbatas,” katanya.

Sedangkan absensi untuk staf dilarang menggunakan figer print dan diganti dengan absen manual. Sedangkan kegiatan penelitian dan seluruh konferensi yang mendatangkan banyak orang dilarang hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

“Untuk mahasiswa dan dosen kita harap mengatur mekanisme pembelajaran daring itu,” sebutnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Aceh menutup seluruh sekolah di provinsi itu sebagai upaya pencegahan virus corona. Indonesia dinyatakan pendemi corona oleh badan kesehatan dunia.

Penulis: Satriai