Edukasi

Cegah Corona, Unimal Buat 60 Liter Hand Sanitizer

satria
Foto: Dok. Unimal

LHOKSEUMAWE - Kelangkanya hand sanitizer di tengah merebaknya virus Corona mendorong Universitas Malikussaleh (Unimal) membuat sendiri cairan pembersih tangan itu. Pembuatan hand sanitizer dilakukan di laboratorium Teknik Kimia pada hari Kamis (19/3/2020).

Ketua Satgas Tindakan Pencegahan COVID-19 Unimal, dr Teuku Ilhami Surya Akbar mengatakan pembuatan hand sanitizer ini termasuk  langkah awal untuk meminimalisir dampak penyebaran virus Corona. 

“Hand sanitizer ini sangat diperlukan saat ini dan keberadaanya sangat langka di pasaran. Semoga hand sanitizer yang kami produksi bisa mencukupi kebutuhan di Unimal untuk sementara waktu,” terang dr Ilham.

Unimal akan memproduksi hand sanitizer sebanyak 60 liter dan dikemas dalam 120 botol ukuran 500 ml. Dalam pembuatan hand sanitizer ini digunakan bahan-bahan antara lain, ethanol 98 persen, giserol dan hidogen peroksida.

Menurut Kepala Laboratorium Teknik Kimia Unimal, Dr Masrulita, pembuatan hand sanitizier merujuk pada standar yang telah ditetapkan oleh World Health Organization (WHO).

"Hand sanitizer ini setelah dibuat maka akan didiamkan selama 72 jam atau tiga hari baru bisa digunakan," ungkap Dr Masrulita.

Apabila proses pembuatan tidak ada kendala, recananya hand sanitizer akan dibagikan ke unit-unit kerja di Unimal pada Senin (23/3/2020).




Penulis: Satria