Edukasi

Dorong Gerakan Menabung, Mahasiswa KKN Unimal Buat Celengan dari Kertas Bekas

satria
Foto: Istimewa/WartaAceh.com

ACEH UTARA - Ragam kreativitas dibuat mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) dalam melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Sepertinya halnya kelompok 69 yang menempati Desa Blang Gurah Kecamatan Kuta Makmur Kabupaten Aceh Utara.

Bermula dari kertas dan kardus bekas yang menumpuk di kantor keuchik, muncul ide membuat celengan sebagai bentuk kerajinan tangan. Produk celengan dari bahan ramah lingkungan ini kemudian dibagikan kepada anak-anak sekolah.

“Dengan visi ingin menanamkan nilai pentingnya menabung sejak dini, kelompok kami berinisiatif mengedukasi anak-anak Desa Blang Gurah tentang perlunya berhemat,” sebut Riska Ayu Pratiwi, mahasiswa KKN dari kelompok 69.

Bahan baku celengan selain didapat di kantor keuchik juga dari kertas bekas pakai kuliah mahasiswa yang tidak digunakan lagi. Hanya dengan menggunakan lem dan gunting, hasil produk celengan dari kertas itu menjadi kreasi kerajinan tangan yang bernilai.

"Biasanya kertas fotocopy-an yang sudah tidak dipakai hanya dibuang dan dibakar. Jadi kami berinisiatif mendaur ulangnya agar lebih bermanfaat," tambah Imatun Rahmi yang juga dari kelompok 69.

Dari program kerja bidang ekonomi ini, mahasiswa kelompok 69 berharap dengan adanya kreasi celengan unik ini dapat menambah minat anak-anak Desa Blang Gurah menyisihkan sebagian uang sakunya untuk ditabung sebagai investasi di masa mendatang.


Penulis: Satria