Edukasi

Mahasiswa KKN Unimal Manfaatkan Kebun Kosong untuk Tanaman Obat

satria
Foto: Istimewa/WartaAceh.com

ACEH UTARA - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh (Unimal) yang tergabung dalam kelompok 68 di Desa Blang Ado Kecamatan Kuta Makmur Kabupaten Aceh Utara, melakukan kegiatan percontohan budidaya sayuran dan tanaman obat atau apotek hidup.

Pembudidayaan sayuran dan tanaman obat itu dilakukan di kebun kosong milik perangkat desa setempat sebagai percontohan yang nantinya bisa ditanam di pekarangan rumah maupun kebun.

"Sebenarnya tanaman obat ini banyak kita dapatkan di lingkungan masyarakat namun banyak dari masyarakat yang belum bisa membudidayakan dan memamfaatkan tumbuhan ini sesuai dengan khasiatnya masing-masing," jelas Derry Ichsan, ketua kelompok 68.

Melihat dari adanya potensi perkebunan yang masih belum dikelola dengan baik oleh masyarakat, kelompok 68 mencoba memberikan contoh tanaman yang mudah di tanam dan mepunyai manfaat yang besar bagi masyarakat itu sendiri. 

"Kami sangat mendukung program budidaya tanaman yang dilakukan mahasiwa sehingga nantinya masyarakat kembali sadar bahwa tanaman ini sangat berguna bagi kesehatan dengan sifat yang alamiah dari alam tanpa bahan kimia," ungkap Muhammad Isa, selaku Tuha Peut di Desa Blang Ado.

Dia berharap bahwa dengan adanya program percontohan ini, masyarakat bisa mengambil mamfaat dan kembali mengerti betapa pentingnya tanaman pengobatan alami yang mudah didapat.

Untuk jenis sayuran yang dibudidayakan berupa sawi, kangkung dan bayam. Sedangkan jenis tanaman obat berupa jahe, serai, rebung kala dan beberapa tanaman lainnya yang memberikan efek besar bagi hidup sehat masyarakat.

Penulis: Satria