Edukasi

Rektor Unimal Temui Mahasiswa Magang di Jakarta

satria
Foto: Dok. Unimal

JAKARTA - Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) Dr Herman Fithra Asean Eng menemui mahasiswa yang mengikuti Program Mahasiswa Magang Bersertifikat (PMMB) di No Logic Cafe, jalan Sabang, Jakarta Pusat, Minggu (8/3/2020). 

Dalam pertemuan tersebut para mahasiswa mengungkapkan kepada Rektor bahwa sangat senang bisa menjadi peserta dari program tersebut.

“Banyak pengalaman yang didapat selama mengikuti program ini, yang mana sangat terasa sekali perbedaan antara dunia kerja dan dunia kampus,” ungkap Rido Susanto.

Sementara itu Raja Anasri Fajar Winanta menyampaikan harapan agar para peserta PMMB bisa diberi kemudahan dalam proses bimbingan skripsi atau tugas akhir melalui bimbingan online karena selama enam bulan atau selama mengikuti program mereka harus berada di perusahaan tempat mereka ditempatkan.

“Jadi bimbingan bisa terus berjalan selama mengikuti program, dan ketika sudah selesai nanti sudah bisa langsung mengikuti seminar dan sidang Pak,” ucap Raja kepada Rektor Unimal.

Kemudian Raja juga berharap agar bagi peserta yang mengikuti PMMB bisa diberikan pertimbangan untuk tidak lagi mengikuti Kuiah Kerja Nyata (KKN), sehingga masa studi ketika lulus nanti tidak bertambah karena harus menunggu pelaksanaan KKN periode berikutnya.

Rektor Unimal dalam kesempatan tersebut menyampaikan agar para mahasiswa yang mengikuti PMMB bersyukur bisa mendapat kesempatan ini.

“Jangan menyia-nyiakan kesempatan yang sudah didapat, ikuti semua tahapan program dengan baik dan penuh semangat, jika ada yang tidak dipahami jangan malu untuk bertanya,” ujar rektor.

Rektor berharap dengan mengikuti program ini para peserta nantinya bisa langsung mendapatkan pekerjaan ketika lulus dari bangku perkuliahan karena sudah memiliki pengalaman.

“Jangan cepat puas dengan apa yang sudah diperoleh, kita harus miliki kelebihan yang spesifik agar nantinya bisa diterima kerja lebih cepat,” jelas rektor.

Terkait permintaan mahasiswa, Rektor menyebutkan akan membuat aturan bahwa yang mengikuti PMMB boleh tidak ikut KKN.

”Nanti kita siapkan aturannya, termasuk perubahan kurikulum yang sesuai dengan kebijakan baru Mendikbud yaitu kampus merdeka,” tegas rektor.

Di akhir pertemuan, rektor meminta agar para peserta PMMB memanfaatkan ikatan alumni Unimal yang ada di Jakarta, jika ada mengalami kendala ketika berada di perantauan.

Sebanyak 13 orang mahasiswa yang mendapatkan penempatan di lima BUMN di Jakarta hadir dalam silaturrahim tersebut. Mereka adalah Raja Anasri Fajar Winanta dan Siti Sri Ramarlis di PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), Karuniadi Sarrazi di PT Perusahaan Gas Negara (PGN), Gita Sirait di PT Surveyor Indonesia (SI), Ade Irma Syah Putri di Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Sri Arbaina Purba, Muhammad Rizki, Syukrina, Muhammad Abdy Yusuf, Rajulul Haqki, Dedek Wira Priatna, Rido Susanto, Cut Mutia Zuhra yang ditempatkan di PT. Pertamina.

Penulis: Satria