Edukasi

Satu-satunya di Luar Jawa, Unimal Buka Program Studi Teknik Logistik

Redaksi
Foto: Dok. Pelindo 1

ACEH UTARA - Universitas Malikussaleh (Unimal) membuka Program Studi Teknik Logistik setelah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengeluarkan izin pada 6 April 2020. Keberadaan Teknik Logistik di Unimal merupakan satu-satunya di luar pulau Jawa. 

Menurut Ketua UPT Pengembangan Program Studi (PPS) Unimal, Dr Dahlan Abdullah, usulan Program Studi Teknik Logistik ini baru mendapat persetujuan Dirjen Dikti pada pengusulan yang kedua.

“Sebelumnya pernah diusulkan pada tanggal 19 Desember 2019, namun belum mendapat izin karena masih terdapat beberapa dokumen yang belum lengkap,” kata Dahlan Abdullah.


Selanjutnya, dia menambahkan,  setelah melengkapi kekurangan dokumen, usulan kembali dikirim pada 24 Maret 2020.

"Setelah melalui proses evaluasi dosen dan non dosen, pada Senin tanggal 6 April 2020, Dikti memberikan izin membuka Program Studi Teknik Logistik ini,” tambah Dahlan Abdullah. 


Sementara itu, Muhammad Zakaria ST MT, calon Ketua Program Studi Teknik Logistik mengatakan, dibukanya program studi baru ini bukan saja  mempersiapkan kebutuhan sumber daya manusia yang handal dalam bidang logistik.

"Di era sekarang, logistik tidak hanya menangani manajemen tetapi juga mampu merancang sistem logistik yang berbasis Internet of Thinks (IoT) dan Big Data," kata Muhammad Zakaria.

Untuk diketahui mahasiswa baru Teknik Logistik Unimal akan memulai kuliah perdana pada semester ganjil tahun akademik 2020/2021 atau pada Agustus mendatang.   


Penulis: Satria