Edukasi

Tren di Kampus, Mata Kuliah Ilmu Komunikasi Diminati Mahasiswa Program Studi Lain

Redaksi
Foto: Satria/WartaAceh.com

LHOKSEUMAWE - Mata kuliah di Program Studi Ilmu Komunikasi seluruh Indonesia kini dimintai oleh mahasiswa dari program studi lain.

Pasalnya, ilmu komunikasi menyediakan mata kuliah yang menjadi kebutuhan milinial seperti disain grafis, videographer, radio digital dan lain sebagainya. Sehingga, sejumlah perguruan tinggi membolehkan jurusan lain mengambil mata kuliah di Program Studi Ilmu Komunikasi.

Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua Aspikom Indonesia, Muhammad Sulhan, dalam webinar kurikulum merdeka yang diselenggarakan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Malikussaleh (Unimal), Kamis (11/6/2020).

“Sehingga kita harus menyiapkan diri untuk memberikan ruang jurusan lain mengambil mata kuliah di ilmu komunikasi. Sebegitu menariknya jurusan ini sekarang ini,” kata Sulhan.

Dia menyebutkan, kompetensi seluruh lulusan ilmu komunikasi akan dibuat lebih spesifik per regional. Sehingga lulusan ilmu komunikasi dari wilayah barat Indonesia memiliki kompetensi berbeda dengan lulusan ilmu komunikasi di wilayah timur Indonesia.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Unimal, Kamaruddin S.Sos M.Si menyebutkan sedang menyusun kurikulum kampus merdeka. Sehingga dibutuhkan masukan dari semua lapisan masyarakat untuk kesempurnaan kurikulum program studi tersebut.

Hadir dalam webinar itu Rektor Unimal, Herman Fitra, Dekan FISIP Unimal, M Nazaruddin, dan sekitar 100 dosen dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta. 

Penulis: Satria