Belajar Historiografi, SMA Negeri 11 Banda Aceh Kunjungi Museum Tsunami

Rabu, 05 Oktober 2022 17:55

BANDA ACEH – Proses pembelajaran tidak hanya dilakukan dalam kelas. Belajar dapat dilakukan diluar kelas.

Pembelajaran diluar kelas atau kegiatan outdoor merupakan cara mengajar guru dengan jalan membimbing siswa di lapangan yang menggunakan sumber belajar dari luar.

Misalnya di pasar, bank, perkebunan, Iingkungan alam dan sebagainya. Pembelajaran outdoor merupakan proses mengasah aktivitas fisik dan sosial (kerjasama) serta kemampuan beradaptasi.

Sehubungan dengan hal itu, rombongan SMA Negeri 11 Banda Aceh yang didampingi oleh guru pembimbing mengunjungi Museum Tsunami Aceh, Senin, 3 Oktober 2022 dan Rabu, 5 Oktober 2022.

Guru pendamping SMA Negeri 11 Banda Aceh, Ismi Syukri, menyebutkan kegiatan yang dikemas dalam “Wisata Edukasi Sejarah” merupakan bagian dari tugas untuk membuat historiografi Tsunami Aceh.

Historiografi adalah ilmu yang mempelajari metode penggambaran atau penulisan sejarah, seperti asal-usul, riwayat, atau pengetahuan tentang peristiwa di masa lampau.

“Kami dari SMA Negeri 11 Banda Aceh melakukukan kegiatan selama 2 dua hari untuk belajar serta membuat tugas sekolah disini,” kata Ismi.

Para siswa yang melakukan kegiatan di museum, kata Ismi, lebih kurang 150 orang yang dibagi menjadi 2 rombongan belajar.

“Sebanyak 75 orang berkunjung pada hari Senin, 3 Oktober 2022 dan 75 orang lagi pada Rabu, 5 Oktober 2022,” jelas Ismi.

Edukator Museum Tsunami, Armila, menerangkan bahwa museum terbuka untuk kegiatan belajar bagi semua kalangan karena selaras dengan fungsi museum sebagai pusat edukasi.

“Kami dari pihak museum siap menerima semua pihak yang ingin melaksanakan kegiatan di Museum Tsunami. Silahkan hubungi kami kapan saja dan kami siap membantu,” pungkas Armila.

Museum Tsunami Aceh adalah sebuah museum di Banda Aceh yang dirancang sebagai monumen simbolis untuk bencana gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia 2004 sekaligus pusat pendidikan bencana dan tempat perlindungan darurat andai tsunami terjadi lagi.

Komentar

Berita Terkait