Edukasi

Dosen Psikologi Unimal Lakukan Pendampingan Belajar Anak di Paya Gaboh

Redaksi
Foto: Istimewa/WartaAceh.com

ACEH UTARA- Sejumlah anak usia sekolah dasar mengikuti kegiatan psikososial di Desa Paya Gaboh Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara, Rabu (2/12/2020). Kegiatan itu merupakan rangkaian akhir dari program pendampingan belajar anak di masa pandemi Covid-19.

Dosen Program Studi Psikologi Universitas Malikussaleh, Dr Hafnidar SPsi MSc kepadaWartaAceh.com, Kamis (3/12/2020) mengatakan bahwa psikologis merupakan dampak paling besar akibat adanya perubahan dari cara pelaksanaan pembelajaran di sekolah (BDS) menjadi belajar di rumah (BDR).

“Metode daring (dengan jaringan-internet) selama pandemi Covid-19 sangat berdampak kepada psikologis anak-sekolah dasar,” ungkap Hafnidar.

Menurutnya, serangkaian program pendampingan belajar dilakukan seperti sosialisasi program pusat konseling bagi orang tua siswa sehingga dapat berkonsultasi seputar masalah belajar dan perkembangan anak pada konselor dan psikolog baik secara daring maupun tatap muka.

“Kegiatan psikososial ini berbentuk perlombaan berkisah, pidato, permainan penalaran dan afeksi serta bentuk-bentuk perlombaan fisik seperti tarik tambang yang yang dipandu sejumlah mahasiswa Psikologi Unimal, Maulayani dan Putri Handayani,” jelas Hafnidar.

Lalu ia menambahkhan bahwa kegiatan yang dilakukan bertujuan menstimulus semangat belajar dan kreativitas anak untuk dapat beradaptasi dengan kehidupan new normal setelah menjalani belajar daring sebekumnya, agar tetap semangat dan berprestasi.

Penulis: Satria