IAI Almuslim Aceh Perkuat Kerjasama dengan Dewan Sengketa Indonesia

Senin, 28 November 2022 16:51

BANDA ACEH – Kampus Paya Lipah terus perkuat kerja sama dalam rangka menguatkan tri dharma perguruan tinggi.

Kali ini giliran Institut Agama Islam (IAI) Almuslim Aceh bersama sejumlah kampus lainnya melakukan penandatanganan pakta integritas bersama Dewan Sengket Indonesia (DSI) yang berlangsung di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh, Senin (28/11/2022).

Rektor IAI Almuslim Aceh Dr Nazaruddin MA dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, Kampus Paya Lipah terus menjalin kerja sama dalam rangka meningkatkan sinergisitas dengan lembaga-lembaga berkompenten di Indonesia.

“Wujud kerja sama hari ini menjadi bukti sinergisitas IAI Almuslim Aceh dengan sejumlah lembaga, sehingga menjadi bagian penting dari tri dharma perguruan tinggi,” sebut Nazaruddin didamping Wakil Rektor III Bidang Kerja sama dan Kemahasiswaan Anwar Ebtadi MA.

Selain penandatangan pakta integritas, Nazaruddin menyebutkan, juga dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan DSI.

Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) IAI Almuslim Aceh Malik Adharsyah Lc MA yang hadir pada kegiatan tersebut menyebutkan, MoU dan MoA yang ditandatangani bersama DSI ini diharapkan dapat memperkuat eksistensi kampus kedepannya.

“Mengingat di FSEI sendiri memiliki program studi Hukum Keluarga Islam (HKI) yang tentunya punya peran kedepan agar bisa ikut membantu masyarakat jika ada yang mengalami masalah dalam hal-hal terkait sengketa baik dalam keluarga dan lainnya,” sebut Malik yang turut diaminkan Kaprodi HKI M Iqbal Lc MAg.

Diharapkan, tambah Malik, hasil dari MoU dan MoA bisa mewujudkan Implementation Agreement (IA) baik dalam bentuk pembelajaran tentang penyelesaian sengketa dan juga kasus dalam keluarga.

Pada kegiatan tersebut salah satu dosen prodi HKI IAI Almuslim Aceh Azhari SSy MH CPM juga turut diambil sumpah sebagai mediator dalam sidang terbuka DSI.

Komentar

Berita Terkait