Panen Berlimpah, Mahasiswa KKN Unimal Bantu Warga Bagi Zakat

Rabu, 24 November 2021 21:39

ACEH UTARA – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 146 Universitas Malikussaleh (Unimal) membantu masyarakat Gampong Krueng Seunong untuk membagikan zakat hasil panen di Kecamatan Kuta Makmur Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (20/11/2021).

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Khaidir SSi MSi, mengungkapkan kegiatan pembagian zakat rutin dilakukan masyarakat Gampong Krueng Seunong paska mendapatkan hasil panen yang cukup nisabnya untuk dikeluarkan zakat.

“Zakat pertanian dibayarkan setiap kali panen dengan syarat jumlahnya sudah mencapai nisab (tanpa harus menunggu haul),” kata Khaidir SSi MSi.

Nisab untuk zakat pertanian besarnya adalah 5 wasq atau setara beratnya dengan 750 kilogram. Jika hasil pertanian adalah makanan pokok seperti beras, gandum, kurma atau jagung yang hasil panennya sudah mencapai 750 kilogram, maka wajib dibayarkan zakatnya.

“Kegiatan ini merupakan hal positif dalam hubungan manusia dengan manusia (hablumminannas), di mana dalam harta si kaya terdapat bagian si miskin yang wajib ditunaikan. Dengan demikian akan tercipta hubungan yang baik antara keduanya,” tambah Khaidir SSi MSi.

Sementara itu Abdi Zulfikri selaku Ketua Kelompok 146 KKN-PPM Unimal mengungkapkan program kerja mahasiswa Gampong Krueng Seunong sebagai bentuk pengabdian bagi masyarakat setempat.

“Kami senang bisa membantu masyarakat karena mengambil sebuah pengalaman baru yang berharga,” ungkap Abdi Zulfikri.[Satria]

Komentar

Berita Terkait