Perdana, Museum Tsunami Gelar Pentas Seni Teatrikal Edukasi Bencana

Senin, 28 November 2022 13:33

BANDA ACEH – Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Museum Tsunami Aceh terus berbenah diri dalam rangka peningkatan dan optimalisasi fungsi dan peranan museum dalam memenuhi kebutuhan pelayanan masyarakat akan informasi sejarah bencana tsunami di Aceh, terutama bagi generasi muda.

Berbagai upaya hingga pengembangan nilai-nilai sejarah kebencanaan terus dilaksanakan, hingga menghadirkan atraksi ditengah museum, salah satunya melalui kegiatan Pentas Seni Teatrikal yang berlangsung Minggu (27/11/2022).

Dengan adanya atraksi seni dan budaya di museum, merupakan suatu hal baru untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat umum untuk hadir di Museum Tsunami Aceh selain melalui pameran temporer.

“Kita semua berharap melalui kegiatan pentas seni teatrikal ini dapat menjadikan kita masyarakat umum khususnya generasi muda agar peduli terhadap bencana,” ujar Kepala UPTD Museum Tsunami Aceh, M Syahputra AZ dalam sambutannya di Ampliteater setempat.

Setiap tahunnya, sebut Syahputra, SDM museum menyiapkan berbagai aksi dan atraksi yang berbeda-beda untuk terus meningkatkan kunjungan pengunjung di museum.

“Kepada para pengunjung, mohon sampaikan informasi terkait bencana yang didapat dari museum kepada masyarakat luas baik di Aceh khususnya maupun di Indonesia pada umumnya,” ajak Syahputra.

Tidak lupa, Syahputra berpesan, khususnya yang berasal dari sekolah, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat terkait mitigasi bencana sehingga siap dan sigap akan bencana yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

Adapun rangkaian acara yang dihadirkan dalam kegiatan ini antara lain, seni tutur, tari tradisional, teatrikal bencana, talkshow bersama pelukis serta lomba mewarnai bagi anak usia dini.

Tidak ketinggalan, anak didik dari TK Khalifah Banda Aceh, juga diajak oleh edukator keliling museum untuk mengedukasi mereka agar tanggap bencana sejak dini.

Komentar

Berita Terkait