Ekonomi

PLN Jamin Pasokan Listrik untuk Rumah Sakit Rujukan Pasien Corona di Aceh

satria
General Manager PLN Unit Induk Wilayah Aceh Jefri Rosiadi. (Foto: istimewa/WartaAceh.com)

BANDA ACEH - General Manager PLN unit induk wilayah Aceh, Jefri Rosiadi, menginstruksikan unit pelaksana yang daerahnya ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan pasien Corona agar menjaga pasokan listrik lancar. 

Hal itu disampaikan dalam video conference dengan seluruh unit pelaksana di Aceh sebagai tindak lanjut surat edaran direksi tentang antisipasi penyebaran virus Corona, Kamis, (19/3/2020).

“Upaya ini kita lakukan sebagai antisipasi penyebaran virus corona baik secara internal maupun eksternal dalam bentuk ketersediaan pasokan arus listrik yang andal kepada rumah sakit rujukan," kata Jefri Rosiadi.

Menurutnya yang dilakukan itu bentuk komitmen PLN sebagai penyedia listrik dengan turut berkontribusi untuk membantu proses pemulihan pasien.

Dari sisi kelistrikan, tambah Jefri Rosiadi, kedua rumah sakit tersebut sudah dilayani dari beberapa sumber penghubung yang memiliki keandalan pasokan listrik sehingga secara sistem pasokan listrik akan lebih andal.

“Walaupun kedua rumah sakit itu sudah terlayani lebih dari satu sumber sehingga bila terjadi gangguan disalah satu sumber akan langsung di supply dari sumber yang lain dalam beberapa menit saja. Meski begitu tim kita harus tetap siaga dari gangguan listrik," tambah Jefri Rosiadi.

Selain itu juga dalam rangka menyukseskan program pemerintah yang mengharuskan beberapa instansi menjalankan program kerja di rumah. Diperkirakan konsumsi daya listrik akan lebih meningkat dari biasanya.

“Adalah hal lumrah dan sudah jadi kewajiban PLN untuk terus memberikan pelayanan terbaik secara kontinyu menyalurkan arus listrik kepada pelanggan termasuk objek vital terutama dalam penanganan virus corona saat ini," terang Jefri Rosiadi.

Dalam mendukung program itu semua, PLN tetap membuka layanan pelanggan jika terdapat keluhan terkait masalah kelistrikan.

Seperti diketahui bahwa pemerintah pusat telah menetapkan rumah sakit rujukan dalam penanganan pasien Corona. Di Aceh sendiri, ada dua rumah sakit yang menjadi rujukan, yakni Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM) Aceh Utara yang berlokasi di Buket Rata Lhokseumawe dan Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) yang berlokasi di Banda Aceh.


Penulis: Satria