Ekonomi

Sejak 1 April, Bandara SIM Sudah Menyesuaikan Pola Operasional

satria
Foto: ilustrasi

BANDA ACEH - PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan bahwa mulai 1 April 2020 bandara-bandara di bawah pengelolaan perseroan sudah menjalankan penyesuaian pola operasional termasuk Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang Aceh Besar sebagai bagian dari strategi menghadapi tantangan COVID-19.

“Penyesuaian pola operasional dilakukan dinamis dengan mempertimbangkan tren pergerakan penumpang pesawat dan frekwensi penerbangan di masing-masing bandara,” kata Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Indra Gunawan di Aceh Besar, Jumat (3/4/2020).

Ia menjelaskan melalui strategi penyesuaian pola operasional maka setiap bandara dapat melakukan optimalisasi terhadap fasilitas dan personel, sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan untuk melakukan pengkondisian alur penumpang di bandara agar physical distancing dapat tetap dilakukan.

Ia mengatakan penyesuaian pola operasional tersebut bertujuan menjaga aspek kesehatan dari penumpang pesawat, pengunjung bandara, dan pekerja di bandara.

“Pola penyesuaian operasional ini sudah diterapkan di bandara bandara lain di bawah PT Angkasa Pura II termasuk Bandara Sultan Iskandar Muda. Melalui strategi ini maka bandara-bandara PT Angkasa Pura II bisa beroperasi optimal dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan, keamanan, pelayanan serta pematuhan terhadap peraturan di tengah pandemi COVID-19,” katanya.

Ada pun fasilitas yang dapat diminimalkan guna pengkondisian dan penyederhanaan alur penumpang adalah yang non-prioritas seperti misalnya lift, travellator, eskalator, lampu penerangan dan lain sebagainya.

Terkait dengan penyesuaian pola operasional tersebut, PT Angkasa Pura II juga memberlakukan optimalisasi SDM Operasional, di mana diberlakukan sistem roster dinas bagi karyawan yang bertugas dalam mendukung operasional bandara.

“Adanya sistem roster ini membuat karyawan di operasional bandara bisa memiliki waktu bekerja di rumah sehingga risiko terpapar virus berkurang. Di saat seperti ini sudah sewajarnya aspek kesehatan menjadi prioritas,” demikian Indra.

Penulis: Redaksi

Sumber: Antara