Olahraga

Pelatih Rumania Tangani Tim Aceh U-16

satria
Foto: kabartangsel.com

BANDA ACEH - Pelatih asal Rumania, Arcan Lurie akan menyeleksi dan melatih pemain tim usia 16 tahun (U-16) yang dibentuk Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Aceh.


Wakil Ketua pengurus pembentukan tim, Nuzuli MS kepada wartawan di Banda Aceh, Senin (3/9/2018) menyebutkan, Arcan dipakai oleh Dispora Aceh untuk menyeleksi pemain sekaligus menangani tim U-16. 


Nuzuli menjelaskan, Arcan yang pernah menangani Persib Bandung akan bertugas menyeleksi 60 pemain U-16 tingkat Provinsi Aceh, pada pekan kedua September 2018 di Banda Aceh. 


Disebutkannya, dari seleksi tersebut Arcan dipercaya untuk memilih 30 pemain yang akan dibina dalam tim U-16 oleh Dispora Aceh. 


Ia menjelaskan, 60 pesepakbola U-16 yang akan mengikuti seleksi tingkat Provinsi Aceh tersebut, sebelumnya telah melewati seleksi di tingkat wilayah yang digelar, 18 - 30 Agustus 2018. 


Seleksi tersebut dibagi dalam lima wilayah yaitu Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Bireuen,? Kota Langsa, Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Aceh Selatan yang diikuti sekitar 400 atlet. 


Dari 60 pesepakbola yang lolos seleksi di tingkat wilayah merata berasal dari berbagai kabupaten/kota di Aceh. 


Nuzuli lebih lanjut mengatakan, 30 pemain yang terpilih masuk dalam tim U-16 Aceh nantinya ditangani Arcan sebagai pelatih kepala, Sulaiman Romaria dan Septi Heriansyah (asisten pelatih). 


Program pembinaan U-16 akan berlangsung dalam tahun ini dan kemungkinan berlanjut tahun berikutnya. 


Sebutnya, pembinaan tim sepakbola yang bermaterikan pemain berusia 16 tahun ini, merupakan bagian program Aceh Teuga atau Aceh kuat dari Pemerintah Provinsi Aceh dalam bidang olahraga. 


Menurutnya, tujuan dari program ini untuk menghasilkan pemain-pemain sepakbola potensial yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan tim Aceh menghadapi PON XXI/2024 Aceh - Sumut. 


Sebelumnya, Kepala Bidang Pembibitan Olahraga pada Dispora Aceh, Ainul Mardhiah menambahkan, seleksi rekrutmen pemain U-16 untuk dibina lebih lanjut merupakan suatu program prioritas Pemprov Aceh dalam cabang olahraga usia dini atau pelajar.

Penulis: Redaksi

Sumber: Antara