Peristiwa

Aceh Besar Juara Umum MTQ di Pidie

satria
Foto: sinarpidie.co

PIDIE - Kabupaten Aceh Besar berhasil keluar sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Aceh ke-34 tahun 2019 di Pidie. Dengan keberhasilan tersebut, Aceh Besar berhak atas raihan trofi bergilir, uang pembinaan Rp 50 juta, dan trofi lepas. Selain itu, Bupati Pidie Roni Ahmad juga menghadiahi satu unit yamaha N MAX pada kabupaten tersebut.

Aceh Besar menjadi juara umum setelah mengumpulkan poin akhir 76, sedangkan juara umum kedua diraih Aceh Timur dengan perolehan nilai 60. Lalu, juara tiga diraih Aceh Utara dengan perolehan nilai 43.

Tuan rumah Pidie, yang memperoleh dana hibah dari Pemerintah Aceh Rp 55 miliar dan sharing dari APBK Pidie sebesar Rp 20 miliar, untuk penyelenggaraan MTQ selama 20 hingga 28 September 2019 harus puas berada pada urutan ke-4 dengan perolehan nilai 38. Kemudian Kota Banda Aceh menduduki urutan ke-5 dengan perolehan nilai 32.

Wakil Bupati Pidie, Fadlullah TM Daud, dalam sambutan pada upacara penutupan MTQ ke-34 di Gedung Pidie Convention Center, Jumat, 27 September 2019 malam mengatakan, Pidie di bawah kepemimpinan Roni Ahmad sebagai Bupati Pidie dan dirinya sebagai Wakil Bupati Pidie siap menjadi tuan rumah pergelaran even-even selanjutnya baik di tingkat provinsi maupun nasional.

“Pada penutupan ini, Pemerintah Daerah dan masyarakat kabupaten Pidie mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Pemerintah Aceh yang telah mempercayakan Pidie sebagai tuan rumah MTQ Aceh ke-34. Kami berharap, dengan pelaksanaan MTQ ini, semoga bisa menjadi awal dari kepercayaan Pemerintah Aceh untuk perhelatan even-even tingkat provinsi lainnya,” kata Fadlullah TM Daud.

Mewakili Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, MTQ Aceh ke-34 di Pidie tahun 2019 ditutup oleh Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah.

Untuk diketahui, dana hibah Provinsi Aceh digelontorkan Pemerintah Kabupaten Pidie untuk pekerjaan timbunan senilai Rp 10 miliar, Rp 21 miliar untuk membangun gedung serbaguna dan tribun utama MTQ, jalan pada arena utama Rp 5,6 miliar, landscape pada arena utama MTQ Rp 1, 4 miliar, gapura Rp 1,1 miliar, rehab GOR Rp 3,9 miliar, pembangunan musala pada arena MTQ Rp 1,3 miliar, rehab gedung Bale Meusapat Ureung Pidie Rp 2,2 miliar, dan talud pada arena MTQ Rp 2,8 miliar.

Penulis: Redaksi

Sumber: sinarpidie.co