Peristiwa

Antisipasi TKI Ilegal, Kapolres Bersama Bupati Aceh Timur Pantau Perairan

syamsuddin
Foto: Dok. Humas Pemkab Aceh Timur
Bupati Aceh Timur H Hasballah M Thaib bersama Kapolres AKBP Eko Widiantoro SIK MH saat melakukan patroli Laut dan udara, Senin (13/4/2020).

ACEH TIMUR - Mengantisipasi masuknya TKI ilegal melalui jalur laut dan jalur tikus di perairan wilayah hukum Polres Aceh Timur, Kapolres AKBP Eko Widiantoro SIK MH bersama Bupati Aceh Timur Hasballah M Thaib melakukan patroli laut menggunakan helikopter Baharkam Mabes Polri, Senin (13/4/2020).

AKBP Eko Widiantoro mengatakan, patroli ini dilakukan sebagai upaya membatasi mewabahnya Virus Corona (Covid 19) di wilayah Aceh, khususnya di wilayah hukum Polres Aceh Timur.

“TKI ini juga warga negara Indonesia, bukan tidak boleh. Tapi mana kala mereka kembali, ada protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah yaitu kita lakukan karantina mandiri,” sebut Kapolres.

Lanjutnya, untuk itulah hari ini kita bersama-sama dengan Bupati Aceh Timur memantau dari udara dan laut guna melihat bagaimana situasi rawannya perairan kita dan beberapa muara, sungai-sungai kecil dan jalan tikus yang dimungkinkan untuk penyeberangan bagi TKI dari luar, khususnya yang berada di Malaysia.

Dijelaskan lagi, jika ada ditemukan TKI yang kembali ke wilayah hukum Polres Aceh Timur melalui jalur laut akan diambil langkah seperti yang disampaikan pemerintah, yakni protokol kesehatan bagi yang masuk diperiksa terlebih dahulu, selanjutnya akan diberikan karantina mandiri selama 14 hari di rumahnya masing-masing.

“Namun jika ada gejala yang terdeteksi virus Corona akan dibawa ke rumah sakit,” jelas AKBP Eko Widiantoro SIK MH.

Bupati Aceh Timur dalam kesempatan yang sama menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Polri dalam hal ini Polda Aceh dan jajarannya yang telah berperan aktif menjaga perairan wilayah Kabupaten Aceh Timur," ujar Hasballah M Thaib.



Penulis: Syamsuddin