Peristiwa

Bantu Warga Rohingya, ACT kirim Relawan dan Armada Logistik ke Lhokseumawe

satria
Foto: ACT News
Tim Disaster Emergency Response dari ACT Jakarta melakukan konsolidasi sebelum pemberangkatan armada kemanusiaan menuju Lhokseumawe, Sabtu (27/6/2020).

JAKARTA - Lembaga kemanusian Aksi Cepat Tanggap (ACT) merespon keberadaan warga Rohingya yang ditampung Pemkab Aceh Utara di bekas kantor Imigrasi Lhokseumawe.

Bantuan logistik dan armada dari ACT itu telah diberangkatkan dari Wakaf Distribution Center di Gunung Sindur, Parung, Kabupaten Bogor, menuju Lhokseumawe, Sabtu (27/6/2020).

"Kita mengirim tiga unit armada, yakni Humanity Food Truck, Humanity Water Tank dan armada rescue yang nantinya akan mendukung aksi-aksi kemanusiaan ACT di lapangan,” kata Kusmayadi selaku koordinator tim Disaster Emergency Response (DER) - ACT, seperti dilansir dari ACT News.

Humanity Food Truck nantinya akan menyuplai makanan untuk warga Rohingya di penampungan setiap harinya. Armada kemanusiaan ini mampu memproduksi 1.000 paket makanan siap santap dalam satu kali produksi.

Sedangkan Humanity Water Tank dapat menyediakan kebutuhan air bersih dan mobil rescue bertugas mendukung kebutuhan aksi-aksi di lapangan.

Para relawan yang berangkat ke Lhokseumawe dipastikan telah mengantongi surat negatif Covid-19 hasil rapid test. Mereka juga dibekali perlengkapan sesuai standar protokol kesehatan.

"Di tengah pandemi Covid-19 ini, kami juga tetap mengikuti peraturan yang berlaku," pungkas Kusmayadi.

Tim ACT menempuh perjalanan darat menuju Lhoksumawe. Diperkirakan akan sampai dalam waktu 3-4 hari.

Penulis: Satria