Peristiwa

Cegah Corona, Plt Gubernur Minta Wali Kota Banda Aceh Tutup Warung Kopi

satria
Foto: ilustrasi

BANDA ACEH - Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyurati Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman terkait pencegahan penyebaran COVID-19. Nova meminta warung kopi hingga tempat wisata di Kota Gemilang tutup sementara waktu.

Surat bernomor 440/5242 itu dikirim Nova pada Minggu (22/3/2020). Pada surat bersifat segera itu, tertulis perihal menutup 'sementara tempat keramaian'.

Pada poin pertama surat, Nova menjelaskan Corona sudah mewabah di Indonesia sehingga perlu mendapat penanganan serius agar virus tersebut tidak meresahkan masyarakat Aceh. Untuk mengantisipasi meluasnya pengaruh COVID-19, harus dilakukan pembatasan ruang gerak di fasilitas umum agar wabah ini tidak menjadi pandemi di Aceh.

"Berkenaan hal tersebut di atas, kami harap Saudara untuk sementara waktu menutup tempat-tempat keramaian (Pantai Ulee Lheue, kafe, warung kopi, karaoke, wahana permainan, dan tempat hiburan lainnya) di Kota Banda Aceh," tulis Nova pada poin kedua.

Sementara poin ketiga surat, Nova meminta Aminullah menyiapkan prosedur di Pelabuhan Ulee Lheue agar terkait penanganan evakuasi orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 dari Sabang dan Pulau Aceh.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto mengatakan surat tersebut dikeluarkan karena pemerintah Aceh ingin serius melakukan upaya pencegahan penyebaran virus Corona di Tanah Rencong sebelum terlambat.

"WHO sudah menyatakan virus Corona pandemi, dan ini harus disikapi serius oleh kita semua. Semua kita harus bergerak dan bisa sinergi dengan pemerintah," kata Iswanto 

Penulis: Redaksi

Sumber: detik.com