Peristiwa

Cegah Penyebaran Corona, Kemenag Aceh Imbau Mesjid Tak Pakai Karpet

satria

BANDA ACEH - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh mengimbau masjid atau musala di Tanah Rencong sementara waktu tidak menggunakan karpet. Imbauan ini dikeluarkan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

"Ambal atau karpet digulung semua dan lantai dipel," kata Kepala Bagian Tata Usaha Kemenag Aceh Saifuddin kepada wartawan, Senin (16/3/2020).

Untuk masyarakat yang ingin melaksanakan salat, Saifuddin mengimbau membawa sajadah sendiri. Selain itu, jemaah boleh menggunakan kain untuk ditaruh di tempat sujud.

"Ini tujuannya agar tidak digunakan berulang," jelas Saifuddin.

"Kalau ambal tidak dibersihkan berbahaya saya kira, makanya kita imbau tidak menggunakan ambal dan setiap hari kita imbau lantai dibersihkan, termasuk toilet," sebut Saifuddin.

Selain masjid, Kemenag Aceh meliburkan sekolah madrasah hingga pesantren mulai hari ini. Santri yang mondok sementara waktu dipulangkan ke rumah masing-masing.

Libur sekolah ini dilakukan hingga 28 Maret mendatang. Para siswa diminta tetap belajar di rumah dan orang tua diharapkan mencegah anaknya ke luar rumah.

"Kita tidak inginkan virus Corona merambah ke madrasah dan pesantren, makanya kita hentikan sementara," jelas Saifuddin.

Meski demikian, ujian nasional dan ujian akhir madrasah tetap digelar. "UN tetap dilakukan, aktivitas belajar kita kembalikan ke rumah," beber Saifuddin.

Penulis: Redaksi

Sumber: detik.com