Peristiwa

Dampak Kerusuhan, Perantau Aceh di Papua Mulai Didata

satria
Foto: Antara

BANDA ACEH - Sejumlah warga Aceh yang bekerja dan merantau di Provinsi Papua kini mulai dilakukan pendataan agar memudahkan komunikasi sesama warga perantau yang ada di daerah itu.

"Kami sedang mengupauyakan pembuatan data, karena sampai saat ini belum ada paguyuban (organisasi) warga Aceh di Papua," kata seorang perantau asal Aceh di Jayapura, Provinsi Papua, Afrizal Abdul Rasyid, Ahad (6/10/2019).

Karena belum ada data yang valid, ia mengaku sesama perantau asal Aceh sampai saat ini masih sulit dilakukan komunikasi sehingga pembuatan data ini diharapkan lebih mudah melakukan koordinasi dan saling bertukar informasi terkait situasi terkini di daerah tersebut.

Menurutnya, saat ini ada sekitar seratusan lebih warga Aceh di Jayapura yang bekerja di daerah itu sejak beberapa tahun terakhir, dengan beranekaragam profesi, diantaranya seperti aparatur sipil negara (ASN), dokter, wirausaha serta aneka pekerjaan lainnya.

Terkait dengan kedatangan perwakilan Pemerintah Aceh di Papua, kata Afrizal, pihaknya menyambut baik karena hal itu merupakan bagian dari perhatian pemerintah daerah kepada warga Aceh yang berada di Papua.

"Kehadiran Pemerintah Aceh di Papua sudah membuat masyarakat Aceh senang dan nyaman," kata Afrizal menambahkan.

Ia mengakui saat ini warga Aceh yang berada di daerah tersebut masih dalam kondisi aman dan nyaman serta tetap beraktivitas seperti biasa.

Penulis: Redaksi

Sumber: Antara