Peristiwa

Hari Pertama Ramadhan di Banda Aceh Sepi, Toko Tutup-Jalanan Lengang

satria
foto: detik.com
BANDA ACEH - Suasana Banda Aceh, Aceh, tampak sepi pada hari pertama Ramadhan. Sejumlah toko serta pasar tradisional tutup dan jalanan terlihat lengang. 


Dikutip dari detikcom, Jumat (24/4/2020), sejumlah ruas jalan protokol di Banda Aceh tampak sepi dari kendaraan yang biasa lalu lalang. Toko dan pasar di Aceh biasanya buka menjelang sore hari saat Ramadhan.




Warga Kota Gemilang banyak yang memilih tidak beraktivitas di luar rumah pada hari pertama puasa. Toko-toko yang buka pun hanya didatangi sedikit pembeli. 



Para penjual jajanan untuk berbuka puasa atau takjil di Aceh baru menggelar lapak dagangan mereka sekitar pukul 16.00 WIB. Sementara warung kopi dan warung makan juga baru boleh beroperasi mulai pukul 16.00 WIB hingga sebelum salat Tarawih atau pukul 20.00 WIB.




Saat salat Tarawih, pertokoan termasuk warung kopi kembali tutup dan buka usai salat. Untuk tahun ini, Pemerintah Kota Banda Aceh tidak mengeluarkan imbauan khusus terkait Ramadhan. 



Sebelumnya, Kepala Biro Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Aceh, Zahrol Fajri, mengimbau masyarakat Aceh mematuhi tausiah yang dikeluarkan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh. Tausiah tersebut mengatur soal salat Tarawih di masjid, serta melarang kegiatan buka puasa bersama dan sahur on the road. 



"Harapan kami, mohon masyarakat patuhi tausyiah itu. Apa yang diputuskan MPU bisa menjadi rujukan kita. Ayo kita tingkatkan ibadah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," kata Zahrol.


Penulis: Redaksi

Sumber: detik.com