Peristiwa

Kapal Perang India Singgah di Sabang

satria
Foto: ilustrasi/google.com

SABANG - Kapal perang India INS Sumitra singgah di Sabang (Pulau Weh) sebagai wujud hubungan bilateral antara Angkatan Laut (AL) India dan TNI-AL.


Kunjungan kapal perang AL India itu disambut langsung oleh Komandan Lanal Sabang Kolonel Edi Haryanto, Pasops Mayor Laut (P) Yoni N Kusumawan serta sejumlah perwira TNI AL lainnya di Dermaga Container Terminal (CT-3) BPKS di Sabang, Selasa (11/7/2018). 


"Sebagaimana kita ketahui Negara Indonesia secara teritorial berbatasan langusng dengan India dan kunjungan kapal perang AL India ini wujud bilateral kedua negara," kata Komandan Lanal Sabang Kolonel Edi Haryanto. 


"Dan kunjungan kapal perang India INS Sumitra ini untuk mewujudkan keamanan di perairan kedua negara, selain itu juga sebagai komitmen kedua negra untuk mempererat hubungan bilateral," sambungnya. 


Dia mengakui, TNI AL sejak dulu memiliki komitmen untuk terus meningkatkan hubungan bilateral antar kedua negara tersebut. 


"Kita saling mengunjungi dengan kapal perang dan ini merupakan salah satu perwujudan peran universal AL dalam melaksanakan naval diplomacy di perairan kedua negara," ujarnya. 


Diketahui, Kapal Perang INS Sumitra India dikomandoni oleh Commander Rejesd Rana bersama 17 perwisaranya dan 120 anak buah kapal (ABK). 


"Kita menyambut baik kunjungan kapal perang India dan selama berada di Sabang hingga beberapa hari kedepan TNI AL bersama unsur Muspida akan menjamu mereka serta berkunjung ke sejumlah objek wisata di Kota Sabang," kata Danlanal Sabang.

Penulis: Redaksi

Sumber: Antara