Peristiwa

Korban Puting Beliung di Pulo Aceh Didatangi Plt Gubernur

Redaksi
Foto: Antara

BANDA ACEH - Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengantar langsung bantuan masa panik kepada masyarakat Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar yang terdampak bencana puting beliung.


"Bantuan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan rasa persaudaraan kita. Mudah-mudahan bisa membantu masyarakay yang tertimpa musibah," kata Nova Iriansyah di Gampong Lamteng Pulau Nasi, Jumat (15/5/2020).


Pernyataan itu disampaikanya di sela-sela menyerahkan langsung bantuan kepada korban bencana alam puting beliung di Kecamatan Pulo Aceh bersama dengan sejumlah badan usaha seperti Bank Aceh Syariah, PT Solusi Bangun Andalas (SBA) dan PT Pegadaian Syariah.


Ada pun bantuan yang diberikan adalah bahan baku bangunan seperti seng dan semen untuk memperbaiki rumah yang rusak akibat puting beliung.


Kemudian pihaknya juga menyalurkan bantuan bahan sandang dan pangan dalam upaya membantu masyarakat terdampak di bulan Ramadan dan menjelang Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah.


Nova berharap bantuan yang diberikan tersebut bisa dimanfaatkan untuk merenovasi dan merehab rumah warga yang rusak.


Ia berpesan masyarakat yang terkena musibah untuk bersabar dan tetap semangat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.


Nova mengatakan kehadiran dia ke Pulo Aceh merupakan kunjungan resmi pertamanya sejak dilantik baik sebagai wakil gubernur maupun kala menjabat sebagai Plt Gubernur.


Selaku kepala Pemerintahan Aceh, ia akan mengupayakan pembangunan Pulo Aceh dan untuk mengoptimalkan pembangunan tersebut dirinya juga meminta dukungan dari DPR Aceh, Bupati Aceh Besar dan DPR Kabupaten Aceh Besar.


Ia meyakini dengan semua dukungan tersebut pembangunan Pulo Aceh akan berjalan dengan baik.


Dalam kunjungan kerjanya tersebut, Nova disambut langsung Anggota DPR Aceh, T. Ibrahim. ia meminta agar mencatat semua keluhan masyarakat.


"Pak Bram, tolong ditampung, semampu kita pembangunan di sini akan kita lakukan," kata Nova.


Camat Pulo Aceh, Yusra, mengatakan, sedikitnya ada 25 Kepala keluarga dari tiga gampong yang terkena dampak dari bencana puting beliung yang terjadi pada Jumat 8/5 pekan lalu.


“Di Pulau Nasi ada Lamteng dan Rabo dan Desa Alue Reuyeung, sementara di Pulau Breuh puting beliung juga menimpa rumah di Lapeng dan Lampuyang," katanya.


Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri menyampaikan terima kasih pada Forum CSR yang telah membantu bantuan untuk kemudian disalurkan kepada mereka yang terdampak puting beliung.


Ada pun perusahaan yang menyalurkan dana CSR adalah Solusi Bangun Andalas, Bank Aceh, Perta Arun Gas, Mifa Bersaudara dan Pegadaian Aceh.


Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kepala Dinas Perhubungan Junaidi, Kepala Kesbangpol Aceh Mahdi Effendi, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto, Direktur Dana & Jasa PT Bank Aceh Syariah, Amal Hasan Assistant General Manager PT SBA, Aidil Azwani.


Direktur Dana & Jasa PT Bank Aceh Syariah, Amal Hasan mengatakan penyerahan bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian dan kesetiakawanan sosial Bank Aceh kepada masyarkat pulo Aceh yang tertimpa musibah.


Ia menjelaskan pihaknya menyerahkan bantuan bahan bangunan senilai Rp40jt yang bersumber dari dana CSR Bank Aceh untuk masyarakat Pulo Aceh yg tertimpa musibah.


Bantuan tersebut diserahkan melalui Pemerintah Aceh dan diserahkan langsung oleh Plt. Gubernur Aceh kepada masyarakat Pulo Aceh yang tertimpa musibah.

Penulis: Redaksi

Sumber: Antara