Peristiwa

Pantai Ujong Blang Banyak Sampah, Pemkot Lhokseumawe Diminta Turun Tangan

satria
Foto: kompas.com

LHOKSEUMAWE - Pemerintah Kota Lhokseumawe diminta turun tangan membersihkan sampah di obyek wisata Pantai Ujong Blang, Desa Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe. Pasalnya, bibir pantai itu banyak terdapat sampah plastik dan sampah bekas batok kelapa yang dijual pedagang. Selain itu terdapat juga sampah sisa makanan yang dibawa pengunjung.


Dampaknya, kawasan pantai terlihat jorok dan menganggu wisatawan yang ingin mandi dan berlibur di daerah itu.

“Kita mandi pun agak rishi, karena ada sampah plastik dan sisa makanan. Perlu upaya serius pemerintah menjaga kebersihan bibir pantai. Tidak bisa dilepas begitu saja pada masyarakat,” sebut seorang wisatawan asal Aceh Tengah, Wen Aman yang berlibur di Pantai Ujong Blang, Ahad (13/1/2019).


Dia berharap, Pemerintah Kota Lhokseumawe membuat program rutin dengan melibatkan masyarakat menjaga kebersihan pantai. Pasalnya, obyek wisata itu bukan hanya dikunjungi masyarakat Lhokseumawe namun juga dikunjungi masyarakat dari kabupaten/kota lainnya di Aceh.


“Kalau ini bersih, ditata dengan baik, maka pendapatan daerah juga bertambah. Kalau tidak dijaga, pengunjung juga akan enggan datang ke Pantai Ujong Blang. Wisawatan itu kan prinsipnya mau datang kalau obyeknya bersih, bagus, dan murah,” terangnya.


Hal senada disebutkan pengunjung lainnya, Muhammad Mirza dari Kabupaten Aceh Utara.

“Perlu serius menjaga kawasan wisata. Karena wisata menjadi salah satu andalan Lhokseumawe, hingga kota ini ramai dikunjungi akhir pekan,” katanya.


Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Zulkifli, belum merespon pertanyaan. Hingga berita ini ditayangkan Zulkifli belum menjawab pesan singkat yang dikirimkan. 

Penulis: Redaksi

Sumber: kompas.com