Peristiwa

Rekrutmen Tenaga Kerja Dinilai Curang, PT PIM Didemo Warga

Redaksi
Foto: waspadaaceh.com

ACEH UTARA - Ratusan warga desa lingkungan PT.Pupuk Iskandar Muda (PIM) melakukan aksi demo di depan pabrik pupuk tersebut di Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Kamis (26/9/2019), menuntut rekrutmen tenaga kerja untuk proyek pembangunan pabrik NPK memperioritaskan tenaga kerja setempat.

Aksi unjuk rasa yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB, di depan pintu gerbang A2 PIM, dijaga ketat personil polisi dari Polres Lhokseumawe. Mereka mendesak bisa berjumpa dengan manajemen PT Pembangunan Perumahaan (PT PP) yang mengerjakan proyek prabrik NPK itu. Para pemuda sempat bahkan mengancam akan mendobrak pindu gerbang, bila pihak PT.PP menolak merespon aksi mereka.


Pihak perusahaan akhirnya bersedia menerima perwakilan pemuda dari lima desa tersebut. Para pendemo kemudian membubarkan diri, sambill menunggu hasil pertemuan wakil mereka dengan manajen PT PP. 

Sebagaimana diketahui, desa yang masuk dalam lingkungan PIM meliputi, Desa Tambong Tunong, Tambon Baroh, Paloh Gadeng, Krueng Geukueh di Kecamatan Dewantara, Aceh Utara. Desa Blang Naleung Mameh, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe.

Safrizal,31, dari Tambon Tunong  menjelaskan, selama ini mereka merasa diabaikan dalam penerimaan tenaga kerja buruh pembangunan proyek pabrik NPK.

“Tenaga buruh dari luar yang diterima,” tegas Syafrizal. Menurutnya, mereka yang diterima memiliki hubungan dengan karyawan di perusahaan tersebut.

Penulis: Redaksi

Sumber: waspadaaceh.com