Peristiwa

Ribuan Jamaah Larut dalam “Rateb Seribee” di Tapaktuan

satria
Foto: waspadaaceh.com

ACEH SELATAN - Ribuan jamaah dari berbagai kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan larut dalam Rateb Seribee (Zikir Akbar) yang berlangsung di Alun-alun Kota Tapaktuan, Jumat malam (30/8/2019). Rateb Seribee langsung dipimpin Abuya Syekh H. Amran Waly Al-Khalidi.

Jamaah berdatangan di lokasi sejak sekira pukul 20.00 WIB. Tampak terlihat di Alun-alun Kota Tapaktuan, dipenuhi jamaah yang memakai pakai putih dengan duduk teratur di tempat yang telah dipersiapkan oleh panitia pelaksana.

Pimpinan MPTT Asia Tenggara, Abuya Syekh H. Amran Waly Al-Khalidi, menjelaskan, Syeikh Abdurrauf As-Singkily, dahulunya adalah seorang Mukhti pada masa kerajaan Ratu Syafiatuddin dan seorang ulama besar sufi yang bertarqat Syatariah.

Dengan ajaran ketasawufan dan kesufiannya, Syeikh Abdurrauf As-Singkily dapat memperbaiki keimanan dan ke-Islaman serta mewujudkan persatuan dan kesatuan dalam bernegara dan berbangsa.

“Sehingga terwujudlah Negara Baldatun Thayyibatun Warabbun Ghafur, dan Aceh menjadi salah satu dari 5 kerajaan besar Islam di dunia,” ucapnya.

Oleh karena itu, Abuya Syekh H. Amran Waly Al-Khalidi, mengajak umat Islam, berzikir Rateb Seribee untuk mengingatkan diri kepada Allah. Allah yang telah memberikan kemudahan dan reseki, maka dalam hati umat Islam berzikir harus terbangunkan.

“Dengan kita berzikir karena rindu dan cinta kepada Allah sehingga kita lupa akan diri sendiri itu zikir yang paling bagus. Jika kita bisa berzikir yang seperti itu, apa niat yang diinginkan akan dipersiapkan oleh Allah,” kata Abuya.

Abuya Syekh H Amran Waly Al-Khalidi selaku penggagas majelis Rateb Seribee juga mengharapkan, ulama dan pemeritah dapat berkerjasama di segi keimanan dalam memperbaiki aqidah, dan berzikir yang baik untuk pemuda-pemuda generasi yang akan datang di Aceh Selatan.

“Kita apresiasi pemuda-pemuda yang tergabung di KNPI yang telah menyelengarakan kegiatan Rateb Sirebee malam ini. Semoga Rateb Seribee terus terlaksana kedepannya di Aceh Selatan,” tutup Abuya.

Wakil Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran, mengajak warga Aceh Selatan untuk cinta terhadap Tauhid Tasawuf untuk memperbaiki jati diri yang lebih baik. Rateb Seribee digelar oleh MPTT-I dan puluhan OKP dan KNPI dalam rangka untuk memperingati Hut Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

Penulis: Redaksi

Sumber: waspadaaceh.com