Peristiwa

Warga Asing Kutip Sampah di Pantai Pulo Sarok Singkil

satria
Foto: Antara

ACEH SINGKIL Sejumlah volunteers atau relawan mancanegara Republik Ceko melakukan pengutipan sampah plastik di kawasan Pantai Pulo Sarok, salah satu objek wisata, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, Selasa.

Zbynek Hrabek, Supervisor dan koordinator yayasan Ocean for children dan forest for children Czech Republic, Selasa (29/1/2019), di Singkil kepada wartawan mengatakan, pembersihan sampah, terutama sampah plastik amat penting untuk kelangsungan hidup ikan-ikan di laut dan sungai.

Zbynek menuturkan program tersebut telah berlangsung sudah tiga tahun terakhir dengan menyasar kawasan objek wisata di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

"Sampah plastik tidak bagus untuk hewan-hewan terutama ikan-ikan, dan semoga masyarakat nantinya bisa memahami pentingnya kebersihan sampah di tepi pantai," ujarnya.

Ketua Yayasan Save Aceh Nation Mawan, yang juga ikut berkolaborasi dalam aksi pengutipan sampah itu, berharap masyarakat dapat mengerti dampak sampah plastik bagi kehidupan hewan, terutama ikan laut dan sungai.

"Warga mancanegara saja mau ikut aksi pembersihan sampah, bagaimana pula dengan kita, pastinya lebih menjaga," ujarnya.

Mawan mengaku, sebelum di Pantai Pulo Sarok, para Volunteers gemar melakukan aksi kutip sampah di Haloban(Tuangku), Pulau Banyak Barat.

"Pulau Haloban, Ujung Sialit Asantola dan Sikandang setiap sampah yang dibersihkan 300 hingga 500 karung goni.

Selain dari Volunteers dan Yayasan Save Aceh Nature, kegiatan kutip sampah bersama itu juga turut partisipasi Dinas Pariwisata Singkil, Dinas Lingkungan Hidup, dan Syahbandar.

Penulis: Redaksi

Sumber: Antara