Peristiwa

Warga Rohingya di Perairan Aceh Utara Segera Dilepas Kembali ke laut

satria
Foto: Group WhatsApp

ACEH UTARA - Warga Rohingya yang ditemukan nelayan di perairan Seunuddon Kabupaten Aceh Utara akan segera dilepas kembali ke laut setelah perahu rusak yang mereka tumpangi diperbaiki. 

Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Aceh Utara, Risawan Bentara, di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Bayu, Kamis (25/6/2020) kepada sejumlah wartawan, menyebutkan hasil rapat Muspida plus menyepakati mereka akan dilepas ke lautan melanjutkan perjalanan sesuai tujuan mereka.


“Apa yang disampaikan Forkompinda kita ikuti. Kita juga tes kesehatan mereka, apakah terpapar Corona atau tidak. Semua protokol kesehatan kita ikuti,” kata Risawan Bentara.

Saat ini, kondisi warga Rohingnya dalam keadaan lemas. Mereka diberikan makanan dan ditampung sementara di bekas Kantor Imigrasi, Punteut, Lhokseumawe, sembari menunggu perbaikan kapal.

Diberitakan sebelumnya 94 warga Rohingya (sebelumnya tertulis 114 orang)  terobang-ambing di atas kapal motor, sekitar 4 mil laut dari pantai Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (24/6/2020). Mereka terdiri dari orang tua dan anak-anak menjerit minta tolong. 

Penulis: Satria