Viral

Heboh Sandal Bertuliskan Huruf Arab yang Tuai Kontroversi

Administrator
Sandal bertuliskan bahasa arab (Foto: Twitter @arfauzzz)

JAKARTA - Foto sepasang sandal jepit belum lama ini hangat diperbincangkan publik, khususnya pengguna media sosial. Hal itu lantaran terdapat tulisan berbahasa Arab pada alas kaki tersebut.

Dalam unggahan tersebut terlihat sandal dengan kombinasi warna putih dan hijau. Sandal sebelah kanan terdapat tulisan berbahasa Arab, yang jika dibaca berbunyi 'Yamiin'. Sedangkan untuk tulisan Arab di sandal sebelah kiri jika dibaca berbunyi 'Syimal'.

Tak berselang lama usai beredarnya foto tersebut, banyak netizen yang mengunggah ulang. Berbagai komentar kekesalan dan anggapan netizen bahwa sandal itu tidak boleh ditulisi dengan bahasa Arab, juga membanjiri unggahan tersebut.

"Kenapa harus dikasih lafal Allah? dan itu pasti diinjek-injek kalau dipakai," komentar @Stenzwerz.

"Aduh ayat Alquran diletakan di sandal? mau hidupmu terus-terusan diinjek?" komentar @Haikalanam.

"Jangan diukir ayat Alquran di sandal bro, ayat suci diinjek-injek?" komentar @Dienzness.

Meski begitu, dari sekian banyak komentar ada seorang netizen yang memberikan penjelasan mengenai arti dari tulisan Arab tersebut. Melalui akun Facebooknya @YogiMaherIndah menuliskan komentar berbunyi, "Itu tulisan pakai huruf Arab, bacanya Yamin (kanan) dan Yasir (kiri). Kenapa pada bilang tidak pantas, tidak layak, lafal Arab ko diinjek? haduh..Alquran hurufnya Arab, tapi huruf Arab belum tentu Alquran. Nanti jangan-jangan kalau ada orang Arab ngobrol malah diamini lagi ya? Sebelum pada ngegas mending tabayun dulu".

Menanggapi hal tersebut, Hafidz Fadli, seorang akademisi lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia (UI), Senin (21/5/2018). Hafidz mengatakan, tulisan Arab yang tertera pada sepasang sandal itu memiliki arti kanan dan kiri dan tidak ada sangkut pautnya dengan doa.

"Tulisan yang di sandal sebelah kanan bunyinya 'yamin' yang artinya kanan. Kalau sebelah kiri 'Syimal' artinya kiri," ujar Hafidz.

Penulis: Redaksi

Sumber: kumparan.com