Aparatur Gampong Reuleut Timu Dilatih Tata Kelola Dana Desa

Sabtu, 29 Oktober 2022 22:15
Pelatihan pengelolaan dana desa oleh dosen Unimal di Gampong Reuluet Timu Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. (Foto: WartaAceh.com)

ACEH UTARA – Dosen Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh (Unimal) menyelenggarakan pelatihan tata kelola dana desa bagi aparatur Gampong Reulet Timu Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara.

Pelatihan diadakan di kantor keuchik setempat  yang berlangsung selama dua hari yaitu Rabu dan Kamis (26-27/10/2022) mulai dari pagi sampai sore.

Para peserta pelatihan terdiri dari keuchik, sekretaris desa, kaur, bendahara, tim pengelola kegiatan (TPK), tuha pheut dan pihak-pihak yang terlibat dalam pengelolaan dana desa.

Adapun pemateri dalam pelatihan menghadirkan Fakhrurradhi SH MH dan Laila Hanum SE (masing-masing sebagai kepala dinas dan Kabid PKUE dan Dana Desa Dinas Pembangunan Masyarakat dan PPKB Kabupaten Aceh Utara). Selanjutnya Andria Zulfa SE MSi PhD selaku Kepala Inspektorat Kabupaten Aceh Utara).

Menurut ketua pelaksana pelatihan tata kelola dana desa Dr Darmawati SE MM mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman aparatur dalam mengelola dana desa.

“Penggunaan dana desa harus tepat sasaran sehingga sangat dibutuhkan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan yang baik,” kata Darmawati.

Lebih jauh dia menerangkan penggunaan dana desa harus ada pelaporan pelaksanaan kegiatan dan harus sesuai dengan peraturan yang berlaku, serta memenuhi prinsip ekonomis, efisien dan efektif.

“Reuleut Timu sebagai gampong mitra yang berada dalam lingkungan kampus sehingga saya bersama tim dosen lainnya tergerak memberikan pelatihan sehingga bermanfaat,” tambah Darmawati.

Hal yang sama juga diutarakan Andria Zulfa sebagai salah seorang pemateri kepada media ini di sela-sela kegiatan pelatihan. Menurutnya pengelolaan dana desa harus memenuhi asas transparan, akuntabel, partisipatif, tertib dan disiplin anggaran.

“Intinya aparatur di gampong mesti paham sekali bahwa tidak boleh sembarangan dalam pengelolaan dana desa karena harus melalui tahapan-tahapan yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan dan pelaporan anggaran kegiatan,” ungkap Andria Zulfa.

Sementara itu Keuchik Gampong Reuleut Timu Usman AR mengatakan pelatihan yang diikuti bersama aparatur lainnya sangat bermanfaat karena telah mampu memberikan pemahaman yang lebih luas tentang tata kelola dana gampong.

“Saya berharap kegiatan kerja sama Unimal dengan Gampong Reuleut Timu dapat terus diadakan pada setiap tahunnya agar kapasitas aparatur gampong dalam pengelolaan dana desa semakin meningkat,” terang Usman AR.

Kegiatan pelatihan ini didanai Unimal lewat program pengabdian kepada masyarakat dengan memilih desa di seputar kampus sebagai mitra kerjasama.[ds]

Komentar

Berita Terkait