176 Mahasiswa Unimal Ikut Magang dan Studi Independen

Sabtu, 12 November 2022 14:19
Pelepasan mahasiswa Unimal yang mengikuti magang dan studi independen pada Jumat 11 November 2022. (Foto: WartaAceh.com)

LHOKSEUMAWE – Sebanyak 176 mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) yang mengikuti Magang dan Studi Independen (MSIB) dilepas secara simbolis di aula Balee Reusam Fakultas Hukum, Jumat (11/11/2022), sekitar pukul 14.00 WIB.

Pelepasan mahasiswa itu merupakan peserta angkatan 3, terdiri dari 69 orang mengikuti magang di 37 mitra industri dan 107 orang mengikuti studi independen di 34 mitra industri.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr Baidhawi SP MP dalam kata sambutannya menyampaikan pesan dan motivasi kepada mahasiswa agar memanfaatkan peluang magang ini sebagai proses adaptasi sebelum memasuki dunia kerja setelah lulus kuliah nantinya.

“Silakan adik-adik mahasiswa menggunakan kesempatan ini dengan baik. Ini merupakan belajar sambil mencari pengalaman di dunia industri,” terang Dr Baidhawi.

Selanjutnya dia mengungkapkan mahasiswa setelah selesai mengikuti magang mendapatkan sertifikat sebagai pendamping ijazah kuliah. Kemudian mendapat pengakuan SKS yang dikonversi mencapai 20 SKS.

Sementara itu Ketua Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Unimal, Prof Dr M Sayuti mengatakan, jumlah mahasiswa yang mengikuti MSIB sejak pertama diluncurkan terus bertambah dari tahun ke tahun.

“Ini menunjukkan minat mahasiswa untuk mengikuti program MSIB cukup banyak. Untuk itu silakan teman-teman mengikuti toturial, membuat project yang diasuh oleh mentor-mentor berpengalaman di bidang masing-masing,” sebut Prof Sayuti.

Dikutip dari website Kemdikbud, Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengungkapkan MSIB bukanlah program magang atau studi independen biasa.

Mitra industri yang menjadi rekanan untuk MSIB adalah perusahaan atau organisasi kelas dunia. Kredibilitas sudah terjamin sehingga mahasiswa mendapatkan bimbingan dari para ahli berpengalaman.

Sejak diluncurkan pada 2021, program MSIB telah menerjunkan lebih dari 37 ribu mahasiswa di lebih dari 250 mitra. Jumlah ini tersebar di angkatan 1 dan angkatan 2 yang sudah menjalani aktivitas magang dan studi independen.[ds]

Komentar

Berita Terkait