Pemkot Lhokseumawe Segera Bangun Rumah Sakit

Jumat, 06 Januari 2023 19:55

LHOKSEUMAWE – Pemerintah Kota (Pemkot) Lhokseumawe, mengalokasikan anggaran sebesar Rp12 miliar untuk membangun rumah sakit umum daerah (RSUD) pada 2023.

Penjabat (Pj) Wali Kota Lhokseumawe Imran di Lhokseumawe, Jumat (6/1/2022), mengatakan pembangunan rumah sakit tersebut untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Saya tegaskan tahun ini, Pemkot Lhokseumawe akan membangun RSUD mempermudah masyarakat mengakses serta meningkatkan pelayanan kesehatan,” kata Imran

Menurut Imran, sejak pemekaran Kota Lhokseumawe dari Kabupaten Aceh Utara pada 2001, hingga sekarang Pemkot Lhokseumawe belum memiliki rumah sakit umum daerah.

Selama ini, kata Imran, masyarakat Kota Lhokseumawe berobat di rumah sakit swasta maupun RSUD Cut Meutia milik Pemerintah Kabupaten Aceh Utara yang berlokasi di Buket Rata, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe.

“Pembangunan RSUD Lhokseumawe ini berlokasi di Desa Blang Kandang, Kecamatan Muara Dua. Anggarannya bersumber dari APBK Lhokseumawe 2023 dengan alokasi mencapai Rp12 miliar,” kata Imran.

Pj Wali Kota Lhokseumawe itu mengatakan hadirnya rumah sakit milik pemerintah daerah, bukan untuk mematikan usaha rumah sakit swasta. Rumah sakit umum daerah itu akan menjadi mitra rumah sakit swasta di wilayah Kota Lhokseumawe dan sekitarnya.

“Meskipun RSUD tersebut nantinya sudah dibangun, tidak mungkin juga bisa menampung semua pasien. Tentunya rumah sakit swasta juga tidak akan kekurangan pasien,” katanya.

Imran mengatakan kehadiran RSUD yang akan dibangun tersebut karena melihat keberadaan rumah sakit swasta di Kota Lhokseumawe tidak bisa dikembangkan lagi karena lokasinya yang sangat terbatas.

“Kami berharap kehadiran rumah sakit milik pemerintah kota tersebut akan semakin meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, tidak hanya dari Kota Lhokseumawe, tetapi juga dari kabupaten kota sekitar,” kata Imran.[*]

Sumber: Antara

Komentar

Berita Terkait