Atasi Kecanduan Gadget, Dosen Unimal Gelar Pelatihan di Gampong Padang Sakti

Selasa, 23 November 2021 23:35

LHOKSEUMAWE – Dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  (FKIP) Universitas Malikussaleh (Unimal) mengadakan kegiatan pengabdian pembinaan orang tua dan anak dalam mengatasi kecanduan terhadap gadget di Gampong Padang Sakti, Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe, Kamis (18/11/2021).

Pengabdian dengan tema  ‘Pembinaan Pada Orang Tua Untuk Mengatasi Kecanduan Anak Terhadap Gadget Melalui Literasi Media’ tersebut diikuti peserta yang terdiri dari kaum ibu dan anak-anak warga Gampong Padang sakti. Dalam pelatihan ini, kaum ibu dan anak-anak tersebut diajarkan langsung oleh pemateri yaitu Azwar SPsi MPsi CHt MNLP.

“Materinya tentang bagaimana mengatasi kecanduan anak terhadap gadget dan tips-tips agar anak tidak selalu memegang gadgetnya sehingga lalai akan PR dan kurangnya interaksi dengan orang lain,” terang Azwar SPsi MPsi CHt MNLP.

Selain mengatasi kecanduan terhadap gadget, para peserta juga dibekali ilmu melalui media sosial dan motivasi untuk bisa hidup lebih baik tanpa memberikan gadget kepada anaknya yang masih berusia dibawah 7 tahun.

Muliana SPdI M.Pd selaku ketua tim pengabdian mengatakan bahwa kegiatan ini digagas berdasarkan dua isu besar yang timbul di Gampong Padang Sakti.

“Pada umumnya, permasalahan yang muncul di daerah ini adalah anak-anak sering sekali rela begadang sehingga kualitas waktu tidurnya berkurang dan masalah kesehatan yang dapat timbul karena keseringan bermain HP terus-menerus,” ujar Muliana SPdI MPd.

Sementara itu, M Isa Abdullah, Keuchik Gampong Padang Sakti beserta istri dan ibu PKK menjadi peserta pelatihan merasa sangat puas atas terlaksananya kegiatan itu. Respon positif senada juga diberikan oleh Linda salah seorang peserta menyatakan sangat antusias mengikuti pelatihan ini.

“Pelatihan ini memberikan pengalaman baru bagi saya karena sekarang tahu cara mengatasi kecanduan anak terhadap gadget. Saya berharap dengan tips-tips ini bisa membantu dalam mendidik anak,” ungkapnya.

Dosen yang terlibat dalam pengabdian ini adalah Muliana SPdI MPd sebagai ketua, serta anggotanya yaitu Hayatun Nufus SPdI M.Pd Nuraina SPd MPd dan Syarifah Rita Zahara, SPd MPd. Di sampan itu ikut dibantu oleh Aodri Suandana dan Indira Arindi yang merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika.[Satria]

Komentar

Berita Terkait